Fitur baru Android 15 untuk melawan penipuan-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Penipuan daring Sekarang caranya lebih canggih dan berbeda. google Pihaknya terus mengembangkan fitur keamanan baru untuk melindungi pengguna Android dari ancaman penipuan.

Masih dalam rangkaian acara Google I/O, Google mengumumkan sederet fitur keamanan dan privasi baru Android 15. Fitur pertama adalah Live Threat Detection untuk Google Play Attack Defense Update.

Menurut penjelasan Google, Play Protect menggunakan kecerdasan buatan (AI) pada perangkat untuk menganalisis izin akses sensitif dan interaksi dengan aplikasi lain.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Jika Play Attack Defense mendeteksi perilaku mencurigakan, Google akan mengevaluasi aplikasi dan memperingatkan pengguna tentang potensi risiko aplikasi. Jika perilaku mencurigakan terdeteksi, Play Protect akan menonaktifkan aplikasi secara otomatis.

Untuk perlindungan langsung dari penipuan, Google telah memperkenalkan dua fitur baru, yaitu penyembunyian kata sandi satu kali (OTP) dan pengaturan yang dilarang keras untuk melindungi informasi sensitif.

Di Android 15, kode OTP tidak akan muncul di notifikasi, kecuali untuk jenis aplikasi tertentu, seperti aplikasi pendamping wearable. Menurut Google, hal ini dilakukan untuk mencegah salah satu serangan virus yang menggunakan spyware.

Selain dua pertahanan di atas. google Juga menguji fitur untuk mendeteksi penipuan telepon menggunakan AI dan memperingatkan pengguna. Fitur ini berfungsi di Gemini Nano namun belum diketahui kapan akan dirilis ke pengguna.

Google memberikan perlindungan tambahan bagi pengguna yang sering membagikan screenshot atau berbagi dengan orang lain. Fitur baru ini dirancang untuk melindungi pengguna dari upaya rekayasa sosial yang umum untuk mengakses informasi sensitif.

Ada tiga fitur yang diperkenalkan, yaitu menyembunyikan notifikasi dan OTP saat berbagi layar, menyembunyikan layar saat memasukkan nama pengguna dan kata sandi, serta memilih konten aplikasi mana yang akan ditampilkan, kata Android Authority, Kamis (16/5/2024).

google Ia mengumumkan beberapa perlindungan seluler di Android 15. Salah satunya adalah fitur yang memperingatkan pengguna jika koneksi jaringan seluler mereka tidak terenkripsi. Google mengatakan fitur ini dapat digunakan untuk memperingatkan pengguna jika ada penjahat yang mencegat lalu lintas jaringan atau mencoba mengirim SMS palsu.

Fitur lainnya ditujukan untuk pengguna berisiko tinggi seperti jurnalis atau pembangkang. Dengan menggunakan alat pendeteksi perangkat, pengguna akan diberi tahu jika ada situs palsu atau spyware yang mencatat lokasi mereka.

Menonton video”Kerangka manusia berusia 6.800 tahun ditemukan di Jerman
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama