ITS Asia Pacific Forum 2024 diharapkan dapat mewujudkan smart transportation-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novi Ryanto berharap Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 dapat menjadi kenyataan bagi sistem transportasi cerdas dan berkelanjutan di kawasan.

“Sebagai hasil dari diskusi tingkat tinggi, Deklarasi Mobilitas Perkotaan Berkelanjutan dan Cerdas di Jakarta diharapkan dapat membuka jalan bagi rencana konkrit untuk sistem transportasi modern dan berkelanjutan di kawasan dan sekitarnya,” kata Novi pada penutupan acara. Di Jakarta, Kamis.

Salah satu capaian besar ITS Asia Pacific Forum 2024 adalah diadopsinya Deklarasi Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas di Jakarta.Deklarasi Jakarta tentang Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas).

Baca juga: Tiga inisiatif transportasi berkelanjutan ditandatangani pada pembukaan ITS

Baca juga: ITS Asia Pacific Forum 2024 diharapkan dapat memberikan sistem mobilitas yang cerdas

Novi menilai deklarasi yang didukung oleh berbagai negara Asia Pasifik dan organisasi internasional ini merupakan tonggak penting dalam upaya bersama untuk menciptakan solusi mobilitas perkotaan yang efisien, aman, dan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik.

Selama tiga hari pelaksanaan mulai tanggal 28 Mei, para peserta forum berdiskusi dan bertukar pengetahuan mengenai tantangan urbanisasi yang pesat, perubahan iklim dan perkembangan teknologi.

Dalam forum tersebut, beliau menyampaikan perlunya peningkatan konektivitas regional, penyiapan fasilitas transportasi partisipatif, dan koordinasi berbagai jalur transportasi untuk mencapai visi mobilitas perkotaan yang berkelanjutan.

Ide dan inisiatif yang diangkat dalam forum diskusi ini memberikan landasan yang kuat bagi kebijakan ke depan dan diskusi diperkuat berdasarkan kebutuhan spesifik negara-negara di masing-masing kawasan.

Diskusi dalam forum tersebut juga menekankan pentingnya membina kemitraan, mengeksplorasi mekanisme pembiayaan yang inovatif dan meningkatkan kerangka peraturan.

“Komponen-komponen ini sangat penting bagi keberhasilan penerapan sistem transportasi modern yang dapat memenuhi beragam kebutuhan penduduk perkotaan yang terus bertambah,” kata Novy.

Di akhir forum, para peserta menyatakan keyakinannya bahwa mereka dapat membawa semangat kerja sama dan inovasi untuk membawa perubahan positif dalam sistem transportasi di wilayah tersebut.

“Dengan memanfaatkan kemitraan dan komitmen yang tercipta pada acara ini, mari kita terus bekerja sama untuk mentransformasi sistem transportasi kita,” kata Novy.

Baca juga: Menhub: Forum ITS memberikan pendanaan untuk sistem transportasi cerdas

Baca juga: Menhub menyebut IKN sebagai kota pionir smart transport.

Baca juga: Menteri Perhubungan bilang dia trans
Solusi pertukaran cerdas untuk mengatasi urban sprawl

Koresponden: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama