Keluarga juga mempunyai peran dalam upaya pencegahan kejahatan dunia maya-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Menteri Sosial, Ekonomi, dan Kebudayaan Wijaya Kusumawardana mengatakan keluarga harus berperan dalam upaya pencegahan kejahatan siber.

“Kalau kita bicara kejahatan digital, ini yang bisa melindungi dulu keluarga, orang tua, lalu teman-teman yang masih remaja, karena merekalah yang mulai bergerak.” Jumat.

Ia menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran keluarga tentang perlindungan informasi pribadi yang dapat digunakan oleh penjahat dunia maya.

Menurutnya, setiap individu harus mengetahui bahwa dirinya mempunyai informasi umum dan informasi khusus yang perlu dilindungi.

Baca juga: Polri mengimbau warga mewaspadai kejahatan siber seperti penipuan email
Baca juga: Para ahli mengatakan bahwa metode kejahatan dunia maya semakin berkembang

Tindakan yang memperbolehkan orang lain mengakses informasi pribadi dalam dokumen seperti akta kelahiran dan ijazah memudahkan pelaku kejahatan siber dalam melakukan aktivitasnya.

“Kita harus hati-hati, pahami dulu apa data kita agar tidak melakukan kesalahan sederhana. Itu bukan salah hackernya, tapi kita sudah membuka diri,” kata Wijaya.

Selain itu, ia menyarankan agar orang tua berupaya mengurangi penggunaan gawai dalam keluarga dan memperbanyak komunikasi tatap muka antar anggota keluarga.

“Sebagai orang tua, kita perlu memberikan contoh bahwa masih ada waktu untuk berkomunikasi secara langsung, apalagi jika kita sudah berkeluarga, itu adalah awal untuk melindungi diri kita dari kejahatan dunia maya,” ujarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keamanan digital dengan melakukan program edukasi termasuk program edukasi bagi guru dan siswa di sekolah.

Baca juga: Tips transaksi keuangan yang aman di platform digital
Baca juga: Literasi digital merupakan salah satu alat untuk memerangi kejahatan keuangan berbasis digital.

Koresponden: Fathur Rochman
Diedit oleh: Mariamti
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama