Berkat strategi ini, penjualan iPhone meningkat.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Penjualan iPhone di Tiongkok melonjak pada Mei lalu, naik 40 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. bagaimana bisa?

Data ini berasal dari China Academy of Information and Communication Technology (CAICT), sebuah lembaga penelitian pemerintah China. Menurut mereka, pengapalan ponsel di China pada Mei lalu meningkat 1,425 juta unit, dari 3,603 juta menjadi 5,028 juta unit.

Datanya memang tidak menyebutkan iPhone secara spesifik, namun Apple merupakan produsen ponsel luar negeri utama di China yang sarat dengan berbagai ponsel buatan dalam negeri, detikINET kutip dari Reuters, Minggu (30/6/2024).

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Peningkatan besar ini menjadi angin segar setelah buruknya penjualan produk Apple dalam beberapa bulan terakhir. Apalagi setelah menemukan pesaing kuat di ranah ponsel mainstream dari pemain lokal seperti Huawei.

Peningkatan penjualan iPhone terjadi setelah mereka menawarkan diskon besar di berbagai saluran penjualan di Tiongkok, seperti 2.300 yuan (sekitar Rs. 5,1 crore) untuk model iPhone tertentu di Tmall.

Peningkatan penjualan ini terjadi selama dua bulan berturut-turut, termasuk peningkatan 52% pada April lalu. Angka tersebut jelas menjadi kabar baik bagi Apple, karena dalam dua bulan pertama tahun 2023, penjualan mereka mengalami penurunan sebesar 37%.

Pada awal Mei, CEO Apple Tim Cook memperkirakan pertumbuhan penjualan di beberapa negara, termasuk China. Cook membuat perkiraan ini setelah Apple melaporkan penurunan pendapatan sebesar 8,1 persen di Tiongkok pada Q2 2024.

Diskon besar yang diberikan Apple terjadi dua kali, pertama pada bulan April, tepat setelah Huawei merilis Pura 70, dan pada bulan Mei setelah Huawei merilis Mate 60.

Peluncuran kedua produk andalan ini memungkinkan Huawei menyalip Apple sebagai merek ponsel terbesar ke-2 di China pada Q1 2024. Selain itu, Huawei terus membuka toko-toko andalan baru dan menambah pengecer untuk memperluas distribusi produk.

(asj/asj)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama