IPhone diabaikan di Cina, bukan dari 5 besar.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Nasib iPhone di China semakin terpuruk setelah Apple tersingkir dari daftar lima besar produsen ponsel di Tanah Air, kalah dari Vivo, Oppo, Honor, Huawei, dan Xiaomi.

Menurut data Canalys, pangsa pasar Apple di Tiongkok turun menjadi 14% pada Q2 2024, turun dari 15% pada Q1 2024 dan 16% pada Q2 2023. , sedangkan pada Q2 2024 merosot ke peringkat 6.

“Ini pertama kalinya dalam sejarah pengecer dalam negeri mendominasi lima besar,” kata Lucas Zhong, analis riset Canalys, detikINET dikutip dari CNBC.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Penurunan produk Apple telah terjadi sejak Q1 2024, dengan pengiriman turun 25% dari tahun ke tahun menjadi 10 juta unit. Berdasarkan data Canalys, lima besar pabrikan dengan pangsa pasar terbesar di Tiongkok adalah Vivo (19%), Oppo (16%), Honor (15%), Huawei (15%) dan Xiaomi (14%). Sementara merek lain menguasai sisa pangsa pasar sebesar 21%.

Secara keseluruhan, pasar ponsel Tiongkok akan tumbuh 10% dari tahun ke tahun pada Q2 2024, dengan pengiriman unit mencapai 70 juta unit.

Zhong juga menyebutkan dominasi pemasok ponsel Tiongkok untuk perangkat andalan dan kerja sama yang mendalam dengan rantai pasokan lokal sebagai alasannya.

“Kerja sama yang mendalam dengan rantai pasokan lokal mulai menunjukkan hasil pada fitur perangkat keras dan perangkat lunak. Layar Honor Magic V3 yang menggunakan GenAI dapat meningkatkan pengalaman pengguna perangkat lipat secara signifikan,” jelas Zhong.

Di sisi lain, menurut Zhong, Apple menghadapi masalah di Tiongkok dalam upaya menstabilkan harga eceran dan melindungi keuntungan mitra penjualannya.

Ke depan, Canalys, Apple mengatakan sangat penting untuk melokalisasi Apple Intelligence di China dalam 12 bulan ke depan. Pasalnya, produsen asal China berlomba-lomba memasukkan AI kreatif ke dalam produknya.

(asj/afr)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama