Apa itu Aplikasi Verifikasi Bansos? Inilah fitur dan manfaatnya-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) meluncurkan aplikasi khusus untuk kemudahan akses informasi terkait bantuan sosial (Bansos).

Aplikasi ini bertujuan untuk memastikan penyaluran bansos berjalan dengan baik serta memudahkan penerima dan calon penerima untuk mengecek statusnya serta menerima notifikasi penting terkait bansos.

Dengan fitur yang lengkap dan aksesibilitas yang mudah, aplikasi ini berperan besar dalam memastikan bantuan sosial tersalurkan secara efektif dan efisien.

Berikut penjelasan aplikasi Cek Bansos, beserta pengertiannya, fitur utama dan manfaatnya, untuk membantu masyarakat mengakses Bansos dengan lebih efisien.

Aplikasi cek bantuan sosial

Aplikasi Sec Bansos merupakan platform digital yang dirancang Kementerian Sosial untuk membantu masyarakat dalam mencari dan mengakses informasi terkait bantuan sosial.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui apakah namanya terdaftar sebagai penerima hibah, jenis hibah yang tersedia, serta proses dan syarat untuk memperoleh atau menerima hibah tersebut.

Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan akses informasi penyaluran bantuan sosial agar akurat dan tepat sasaran.

Fitur utama aplikasi cek bansos

1. Usulkan dan tolak

Kementerian Sosial telah menambahkan fitur baru bernama “Usulan” dan “Sanggahan” melalui aplikasi Sec Bansos.

Fitur “Proposal” dirancang agar pengguna dapat mengikutsertakan dirinya, keluarganya, atau individu lain yang memenuhi kriteria Daftar Terpadu Jaminan Sosial (DTKS) dan menerima bantuan sosial.

Sedangkan fitur “pengambilan” mengatasi permasalahan data seperti ketidakkonsistenan penyaluran bantuan, seperti masyarakat yang berhak namun tidak menerima bantuan dan yang tidak dan masih menerima bantuan.

2. Pengecekan penerima bansos (bantuan sosial)

Fitur utama dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat mengecek daftar penerima bantuan sosial (PM) di wilayah administratif tertentu menggunakan aplikasi ini.

Dengan begitu, masyarakat dan pihak berwenang bisa memastikan bahwa bantuan yang disalurkan kepada penerima benar-benar memenuhi syarat.

Manfaat aplikasi verifikasi bansos

1. Mempercepat proses pendaftaran, verifikasi dan pendistribusian bantuan melalui platform digital.

2. Pendaftaran DTKS (informasi jaminan sosial terpadu). On line Tanpa perlu datang ke kantor atau mengisi formulir manual.

3. Status Verifikasi Penerima (PM) dapat diverifikasi dengan mudah.

4. Dapat memberikan rekomendasi atau keberatan atas keadilan dalam penyaluran bantuan.

5. Dapatkan informasi terkini mengenai program bantuan sosial di komunitas Anda.

Baca Juga: Cara cek bansos Kemensos 2024 melalui website dan aplikasi

Baca Juga: Cari tahu tentang aplikasi Cek Bansos dan cara mengaktifkannya

Baca Juga: Kemensos membuka booth di HUT BPKP yang menawarkan berbagai program sosial

Koresponden: Sean Angiateda Citores
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama