Bekerja sama dengan Unisoc, Xiaomi bersiap membuat chip 5G.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Xiaomi Sejauh ini telah merilis ponsel yang menggunakan chip dari Qualcomm, MediaTek, dan Unisoc. Namun belakangan sepertinya mereka membuat keripik sendiri.

Rumor tersebut bermula dari laporan TrendForce yang menyebutkan bahwa Xiaomi akan bermitra dengan Unisoc untuk membuat chip prosesor berbasis manufaktur 4nm. Mengutip tech blogger asal China Online Technology, chip besutan Xiaomi ini disebut-sebut bisa menjadi sebuah terobosan.

Chip hasil kolaborasi Xiaomi dan Unisoc tersebut kabarnya akan dirilis pada awal tahun 2025.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Sedangkan menurut Yogesh Brar, chip tersebut akan diproduksi di pabrik TSMC menggunakan sambungan N4P 4nm. Kemudian modem 5G menggunakan modem buatan Unisoc.

Dari segi performa, chip tersebut disebut-sebut setara dengan chip andalan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1 yang akan dirilis pada akhir tahun 2021 dan akan digunakan di beberapa ponsel andalan yang dirilis pada tahun 2022.

Ini bukan pertama kalinya Xiaomi mengembangkan chipnya sendiri. Pada tahun tersebut Pada tahun 2017, mereka merilis Mi 5c, yang menggunakan chip Surge S1 miliknya sendiri. Chip tersebut dibuat dengan proses 28nm dan memiliki delapan inti Cortex A53, setengahnya memiliki clock 2,2 GHz dan sisanya 1,4 GHz, serta menggunakan GPU Mali-T680.

Dibandingkan dengan chip sebenarnya, jika sesuai dengan hype, peningkatannya tentu akan signifikan.

Sebagai informasi: Snapdragon 8 Gen 1 merupakan system-on-chip yang dibekali CPU delapan inti dan terbagi menjadi tiga, yakni 1 inti Cortex-X2 3,2GHz, 3 inti Cortex-A710 2,75GHz, dan 4 inti Cortex-A510 2GHz.

(asj/fay)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama