Cara membuka rekening saham secara online-Dicemotion.com

Dicemotion.com-


Jakarta (Antara) – Saham menjadi salah satu alat investasi yang semakin populer. Untuk bermain investasi saham, tentunya hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka rekening.

Pembukaan akun bersama dapat dilakukan secara online. On line melalui ponsel. Pembukaan akun biasanya melibatkan informasi pribadi seperti nama, nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya. Nah berikut cara membuat akun untuk bermain share secara online On line:

1. Pilih perusahaan asuransi

Pembukaan rekening saham dapat dilakukan melalui perusahaan sekuritas yang mempunyai izin dari OJK dan Bursa Efek Indonesia. Saat ini banyak perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK dan Bursa Efek Indonesia di situs resminya yang menawarkan pilihan beberapa platform sekuritas untuk membuat akun investasi.

Anda juga dapat mengecek daftar perusahaan sekuritas langsung di website Bursa Efek Indonesia: https://www.idx.co.id/id/investor/buka-rekening-online.

Setelah memilih sekuritas, Anda bisa membuka rekening saham secara online. On line Dengan mengunduh formulir yang disediakan dari situs web perusahaan keamanan.

2. Persiapan dokumen

Saat Anda membuka rekening saham, ada beberapa dokumen yang perlu Anda lampirkan. Perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP (jika ada), bukti rekening tabungan, fotokopi KTP pasangan jika sudah menikah, minimal 2 stempel Rp 10.000, jika buka online rekening Anda. Saldo akan terpotong secara otomatis.

3. Isi formulir pembukaan

Ada dua formulir yang perlu diisi: Pertama, informasi dimasukkan ke Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk pembukaan rekening saham di perusahaan sekuritas.

Kedua, Rekening Dana Nasabah (RDN), merupakan rekening atas nama nasabah untuk membeli dan menjual saham atau instrumen investasi lainnya di pasar modal. Beberapa sekuritas menyebut RDN sebagai rekening reksa dana (RDI).

RDI adalah rekening buku besar untuk uang Anda yang disimpan di bank, terpisah dari rekening perusahaan keamanan. RDI bertujuan untuk menghemat uang investor yang tidak berinvestasi pada saham.

Setelah Anda mendapatkan RDN, Anda perlu melakukan top up akun untuk membeli saham. Besaran minimal nominal setoran awal berbeda-beda pada setiap perusahaan asuransi. Saat ini minimal deposit bisa mulai dari Rp 100.000.

Berikut contoh pembukaan rekening saham. On line Melalui Aplikasi Perusahaan Keamanan:

1. Sihir

• Download atau unduh aplikasi Ajaib di ponsel Anda
• Daftar dengan memasukkan email dan kata sandi Anda. Setelah itu, Anda akan menerima email konfirmasi pendaftaran akun
• Setelah verifikasi email Anda dapat login ke aplikasi Ajaib. Kemudian pilih tombol 'Buka Rekening Saham'
• Akan muncul tampilan jenis investasi, lalu pilih Saham
• Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi Formulir Buka Rekening setebal 6 halaman yang harus diisi dengan lengkap dan akurat.
• Proses verifikasi data yang dikirim ke Ajaib akan dilakukan dalam waktu 1×24 jam
• Anda kemudian dapat membeli saham perusahaan yang tersedia di aplikasi.

2. BIONS (BNI Sekuritas)

• Download atau download aplikasi mobile BIONS dari ponsel Anda
• Untuk pembukaan rekening BNI Sekuritas, buka formulir pendaftaran dari aplikasi BIONS dengan mengklik tombol registrasi.
• Isi informasi pribadi Anda pada formulir pembukaan pendaftaran. Baca instruksi untuk menyelesaikan pendaftaran online
• Setelah Anda berhasil mendaftar, kami akan memproses aktivasi akun keamanan Anda. Verifikasi data dilakukan secara digital
• Setelah proses selesai, Anda akan menerima email berisi informasi rekening dana nasabah, sub rekening efek, serta password dan PIN trading online BNI Sekuritas BIONS dan Anda siap berinvestasi.

Baca Juga: IHSG yang dipimpin oleh saham-saham sektor teknologi ditutup menguat.

Baca Juga: BEI : Investor bisa membeli saham “Big Caps” dengan modal Rp 50 ribu

Baca Juga: Apa itu IPO dan manfaatnya bagi perusahaan?

Koresponden: Sri Dewi Larasati
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © ANTARA 2024

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama