Ingin memperbarui perbandingan iPhone 16 Pro Vs iPhone 15 Pro?-Dicemotion.com

Dicemotion.com-

Cupertino

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dirilis. Beberapa pembaruan tersedia, pengguna iPhone15 Pro dan iPhone15 Pro Max mencari pembaruan baru?

Berikut perbandingan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max serta iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max sebelumnya. Hal ini harus dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah akan mengupgrade ke versi terbaru atau tidak.

Desain

Sekilas seri iPhone 16 Pro masih sama, namun ada perubahan yang dilakukan Apple. Meski perbedaannya dengan sebelumnya tidak signifikan, namun jumlahnya besar.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Jadi Anda tidak merasa seperti itu saat memegangnya. Bahkan, bobotnya masih lebih ringan dibandingkan iPhone 14 Pro Max.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro MaksiPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berikut ini perbandingannya.

  • iPhone 15 Pro: 146,6 x 70,6 x 8,3 mm dan berat 187 gram
  • iPhone 16 Pro: 149,6 x 71,5 x 8,3 mm dan berat 199 gram
  • iPhone 15 Pro Max: 159,9 x 76,7 x 8,3 mm dan berat 221 gram
  • iPhone 16 Pro Max: 163 x 77,6 x 8,3 mm dan berat 227 gram

Seri iPhone 16 Pro generasi baru ini dibekali kaca depan ceramic shield yang diklaim dua kali lebih kuat dari sebelumnya. Apple telah meningkatkan manajemen termal, menghasilkan peningkatan pembuangan panas sebesar 20% yang menjaga kinerja.

Seri iPhone 16 Pro hadir dengan tombol baru, kontrol kamera. Fungsinya untuk membantu pengguna mengambil foto dan merekam video.

Layar

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max masih menggunakan panel layar yang sama seperti pendahulunya. Bedanya, ukuran layar kedua ponsel ini lebih besar sehingga semakin memanjakan mata saat melihat konten.

iPhone 15 Pro Max vs iPhone 16 Pro MaksiPhone 15 Pro Max vs iPhone 16 Pro Max Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
  • iPhone 15 Pro 6,1 inci
  • iPhone 16 Pro 6,3 inci
  • iPhone 15 Pro Maks 6,7 inci
  • iPhone 16 Pro Maks 6,9 inci

Tingkat kecerahan minimum iPhone 16 Pro kini menjadi 1 nits, naik dari sebelumnya 2-4 nits. Ini berguna saat cahaya redup.

Tak hanya itu, layar seri iPhone 16 Pro juga bebas Zeal. Apple mengungkapkan ponsel barunya 30% lebih tipis dari pendahulunya, itulah sebabnya raksasa teknologi asal Cupertino ini bisa membuat layar lebih besar tanpa kehilangan dimensinya.

Pertunjukan

Jelas lebih cepat dibandingkan penerusnya, iPhone 16 Pro, meski chip yang digunakan masih dibuat 3 nm. Namun Apple menggunakan generasi kedua yang menawarkan performa dan efisiensi energi.

Pada acara tersebut, chip A18 Pro menawarkan performa 15% lebih cepat pada performa CPU dan performa 20% lebih cepat pada fungsi GPU.

Lompatan sebenarnya terjadi pada penelusuran optik yang dipercepat perangkat keras. Ini memberikan kinerja 2x lebih cepat, memungkinkan pencahayaan dan pantulan yang lebih realistis dalam game.

Mesin saraf 16 inti di iPhone 16 Pro mendapat manfaat dari bandwidth memori 17% lebih banyak, sehingga meningkatkan kinerja AI. Dalam hal konektivitas, peralihan ke Wi-Fi 7 menawarkan kecepatan lebih tinggi dan latensi lebih rendah.

Kamera

Seri iPhone 16 Pro menghadirkan peningkatan dan peningkatan perangkat keras dan perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja kamera. Meski ukurannya sama, Apple mengaku memasang sensor baru.

Seri Phone 16 Pro memperkenalkan kamera Fusion dengan sensor quad-piksel generasi kedua, yang menawarkan kecepatan pembacaan cepat dan zero shutter lag untuk pengambilan gambar yang cepat dan responsif.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro MaksiPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lompatan terbesar ada pada kamera Ultra Wide. Dengan resolusi 48 MP, kamera ini menawarkan detail lebih baik, performa lebih baik dalam kondisi minim cahaya, dan pengambilan gambar makro mumpuni.

Tak hanya Pro Max, iPhone 16 Pro kini dibekali kamera telefoto yang menggunakan lensa tetraprisma. Sebelumnya kamera ini hanya dipasang di iPhone 15 Pro Max. Ini memberikan kemampuan zoom optik hingga 5x.

Dari segi teknologi, seluruh sensor iPhone 15 Pro memiliki cakupan Piksel Fokus 100%, dengan LiDAR membantu fokus terutama di malam hari. Untuk iPhone 16 Pro, Fusion dan Telefoto memiliki cakupan Piksel Fokus 100% sedangkan Piksel Fokus Hibrid Ultra Lebar.

Bicara fitur, Apple menawarkan gaya fotografi. Berbeda dengan filter, fitur ini membantu kita mempersonalisasi foto dengan menyesuaikan warna, highlight, dan bayangan tanpa memotong warna kulit.

Seri iPhone 16 Pro dapat merekam 4K120 fps dalam mode Slo-mo atau Video dan menyesuaikan kecepatan pemutaran setelah merekam di aplikasi Foto. Ponsel ini dilengkapi dengan empat mikrofon berkualitas studio yang membuat hasil rekaman terdengar seperti aslinya, dan Audio Mix memungkinkan pengguna menyesuaikan audio setelah pengambilan video agar fokus pada suara manusia di kamera.

Baterai

Meski Apple tidak menyebutkan kapasitasnya, baterai iPhone 16 Pro menawarkan daya tahan baterai hingga 27 jam, meningkat 17,39% dibandingkan iPhone 15 Pro. Sedangkan iPhone 16 Pro Max bertahan selama 33 jam, 13,79% lebih lama dibandingkan pendahulunya.

Selain memperpanjang masa pakai baterai, pengisian daya nirkabel MagSafe meningkat dari 15W menjadi 25W, yang meningkatkan kecepatan pengisian daya sebesar 66,67% saat menggunakan adaptor 30W ke atas.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro MaksiPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ingin meningkatkan?

Mereka yang mencari perubahan desain mungkin akan kecewa karena tampilan seri iPhone 16 Pro masih sama seperti sebelumnya. Namun banyak peningkatan menarik yang dibawa ponsel ini yang bisa menjadi alasan untuk melakukan upgrade dari seri iPhone 15 Pro ke penerusnya.

Layar besar dan bezel tipis menambah kenikmatan konten. Chip A18 Pro tidak hanya lebih bertenaga, tetapi juga lebih efisien. Berkat peningkatan pada mesin saraf, pemrosesan intelijen Apple akan lebih cepat.

Penambahan tombol pengatur kamera meningkatkan responsivitas saat ingin mengambil foto. Kemampuan kamera yang ditambahkan membantu pembuat konten menciptakan karya hebat dengan foto atau video.

Jadi seri iPhone 16 Pro sangat ideal bagi pembuat konten yang ingin memiliki alat canggih untuk video dan audio. Selain itu, mereka yang ingin memaksimalkan potensi AI harus meningkatkan kemampuannya.

Namun, bagi rata-rata pengguna yang hanya mengandalkan iPhone untuk melakukan tugas sehari-hari, peningkatan masa pakai baterai dan pengisian cepat MagSafe akan sangat berharga. Namun hal tersebut belum cukup mendorong pengguna untuk beralih dari iPhone 15 Pro ke versi terbaru.

Tonton Videonya”Tantang peningkatan pada iPhone 16 Pro dan iPhone Pro Max
[Gambas:Video 20detik]

(afr/fay)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama