Intel memamerkan prosesor Moon Lake untuk laptop yang cukup rumit.-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Intel telah mengungkapkan chip baru yang akan menjadi jawaban mereka terhadap AMD Strix Point dan Qualcomm Snapdragon X Elite.

Prosesornya adalah Core Ultra 200V atau yang dulu dikenal dengan nama Moon Lake. Menurut Intel, chip ini menawarkan kinerja GPU dan AI terintegrasi terbaik dengan tetap menjaga konsumsi daya yang rendah.

Laptop yang menggunakan Moon Lake dikabarkan akan dirilis pada 24 September 2024, dan Intel menjanjikan lebih banyak fitur untuk laptop yang belum dirilis tersebut.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Misalnya saja Dell XPS 13 yang hampir identik dengan model saat ini, baik dari segi sasis, dimensi, layar, bahkan kapasitas baterainya 55Wh. Namun menurut Intel, versi Moon Lake dapat digunakan untuk menonton video 1080p di Netflix dengan tingkat kecerahan 150 nits selama 26 jam, yaitu 18 jam yang dapat dicapai model saat ini (meningkat sebesar 44%).

Lalu, Asus Zenbook S 14 yang menggunakan Moon Lake diklaim mampu bertahan beberapa jam lebih lama dibandingkan Zenbook S 16 AD versinya saat digunakan untuk aplikasi perkantoran. Meski kapasitas baterai pada versi AMD sedikit lebih tinggi, yakni 78Wh.

Untuk sektor gaming, Intel juga mengklaim mampu mengungguli performa GPU terintegrasi AMD dan mengungguli Qualcomm. Artinya, frame rate laptop pada Core Ultra 9 288V 16% lebih baik dibandingkan Qualcomm X1E-84-100 pada Samsung Galaxy Book4 Edge dan 68% lebih baik dibandingkan AMD HX 370 pada ZenBook S16.

Oh ya, performa itu bisa dicapai tanpa XeSS. Intel menjanjikan game dengan ray tracing tetap bisa dimainkan dengan GPU terintegrasi di Moon Lake. Misalnya saja 45fps di Cyberpunk 2077, 54fps di Marvel's Spider-Man Remastered, dan 66fps di Shadow of the Tomb Raider. Sayangnya, Intel tidak membeberkan informasi mengenai resolusi dan pengaturan grafis dalam klaim ini.

Setiap laptop yang menggunakan Lunar Lake dijamin memiliki konektivitas Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, dan setidaknya dua port Thunderbolt 4, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (5/9/2024).

Namun, Danau Bulan juga memiliki beberapa keterbatasan. apakah ada sesuatu

Meskipun berbagai klaim kehebatannya, Moon Lake bukanlah prosesor laptop tercepat. Bahkan dibandingkan dengan jajaran prosesor laptop Intel, Moon Lake bukanlah yang tercepat.

Kesembilan varian Core Ultra 200V semuanya hanya memiliki delapan inti CPU, delapan thread dan maksimal delapan inti GPU, serta kapasitas RAM maksimal 32 GB.

Pasalnya, banyak hal yang harus dikorbankan Intel untuk membuat Moon Lake lebih efisien. Misalnya, melepas chip memori terpisah dan mengintegrasikannya ke dalam paket CPU. Intel juga menghilangkan hyperthreading, yang memungkinkan inti CPU menjalankan lebih dari satu thread.

Efeknya pada performa maksimal. Chip Moon Lake sebenarnya dapat mengalahkan chip Metro Lake dengan 14 atau 22 thread jika dijalankan dalam mode hemat daya. Namun chip generasi sebelumnya masih bisa mengungguli Moon Lake jika diberi tenaga lebih, seperti chip AMD HX370.

Jadi pengguna yang menginginkan prosesor lebih bertenaga atau membutuhkan RAM lebih besar disarankan menunggu hingga Arrow Lake dirilis, kemungkinan pada 10 Oktober.

(asj/fay)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama