Perbandingan iPhone 16 dan iPhone 15, Pilih Mana?-Dicemotion.com

Dicemotion.com-

Cupertino

Apple telah meluncurkan model dasar iPhone 16 baru dan ada beberapa perubahan penting. Haruskah pengguna iPhone 15 beralih ke versi baru?

Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, detikINET telah membandingkan fitur iPhone 16 dan iPhone 16. Ini bisa menjadi referensi sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade atau tidak.

Desain

Dari segi desain, iPhone 16 masih mempertahankan ukuran dan bentuk keseluruhan dari model sebelumnya. Namun, yang berubah adalah gaya kameranya, dengan Apple mengadopsi pengaturan kamera vertikal karena dukungan perekaman spasial.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Selain itu, iPhone 16 menghadirkan dua tombol baru. Pertama, langkah untuk mengakses berbagai fungsi dengan mudah, dan kontrol kamera untuk memudahkan mengambil foto atau merekam video secara real-time.

Selebihnya hampir sama: tidak ada perubahan ukuran dan berat. iPhone 16 tersedia dalam warna ultramarine, teal, pink, putih, dan hitam.

iPhone 16 dan iPhone 16 PlusiPhone 16 dan iPhone 16 Plus Foto: Adi Fida Rahmana/detikINET

Layar

Sedangkan untuk layarnya, sebagian besar detailnya sama. IPhone 16 masih memiliki ukuran layar 6,1 inci, panel OLED, dan kecerahan maksimal sama seperti sebelumnya, yakni 2.000 nits. Namun kecerahan minimumnya diturunkan menjadi 1 nit, yang berguna saat menggunakan iPhone 16 di malam hari di tempat tidur.

Apple telah memasang pelindung keramik generasi terbaru untuk melindungi layar. Dikatakan 50% lebih berat dibandingkan generasi pertama.

Pertunjukan

Performa iPhone 16 juga didongkrak dengan penggunaan chip terbaru Apple. IPhone 16 dibekali chip A18 yang menawarkan kecepatan dan efisiensi lebih baik dibandingkan chip A16 Bionic pada iPhone 15.

CPU 6 inti berjalan 30% lebih cepat dibandingkan iPhone 15 dan menggunakan daya 30% lebih sedikit. Ada juga GPU 5-core yang memberikan kinerja 40% lebih cepat.

Peningkatan mesin ini memungkinkan iPhone 16 menjalankan aplikasi dan game AAA dengan lancar. Chipset baru ini memiliki mesin saraf yang dibuat untuk peningkatan Intelijen Apple, yang tidak dimiliki iPhone 15.

Kamera

IPhone 16 masih dibekali kamera utama 48MP yang sama dengan iPhone 15. Namun, Apple telah menerapkan kamera Fusion yang memungkinkan pengguna menggunakan zoom optik 2x.

Selain itu, ada kamera super wide-angle, masih sensor 12MP. Namun ia memiliki fokus otomatis dan menggunakan aperture yang sedikit lebih cepat (sekarang f/2.2 vs f/2.4 sebelumnya), yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke sensor.

Kamera ultra lebarnya juga mendukung fotografi makro. Jadi iPhone 16 hampir punya 4 kamera, meski secara fisik hanya punya 2, fitur Photography Style milik Apple membantu pengguna mengekspresikan diri dengan mempersonalisasi fotonya dengan mengatur warna, highlight, dan bayangan. Waktu nyata.

iPhone 16 dan iPhone 16 PlusiPhone 16 dan iPhone 16 Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai

Berkat desain internal baru, kapasitas baterai iPhone 16 meningkat. Berkat efisiensi A18, pengguna bisa menikmati video hingga 2 jam lebih lama dibandingkan iPhone 15.

iPhone 16 mendukung pengisian daya nirkabel MagSafe hingga 25W dengan adaptor 30W dan seterusnya. Sedangkan charger MagSafe iPhone 15 mencapai 15 watt

Yang mana yang harus dipilih?

Namun, memutuskan apakah akan mengganti iPhone 15 dengan iPhone 16 yang hampir identik atau tidak, bisa jadi membingungkan. Intelijen, maka iPhone 16 layak untuk dilihat.

(afr/afr)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama