Semua AI di TV Samsung Neo QLED 8K-Dicemotion.com

Dicemotion.com-



Jakarta

Tidak hanya merambah ponsel, kecerdasan buatan (AI) kini juga merambah TV. Salah satunya adalah tangga TV Samsung Neo QLED 8K Rilis baru.

Ada tiga varian yang dirilis yakni Neo QLED QN800D untuk ukuran 65 dan 75 inci, serta QN900D yang lebih mewah untuk ukuran 85 inci. Ketiganya dibekali prosesor berkemampuan AI, yakni NQ8 AI Gen3 untuk versi 85 inci dan NQ8 AI Gen2 untuk varian 65 dan 75 inci.

Ada tiga fitur besar AI yang dijagokan Samsung di ketiga TV tersebut, yakni 8K AI Upscaling Pro, AI Sound, dan AI Optimization. Meski fungsinya berbeda, ketiganya bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menonton TV ini.

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Peningkatan AI 8K Pro

Seperti namanya, fitur ini dapat memperbesar resolusi hingga 8K di TV ini untuk upscale atau meningkatkan kualitas konten. Jadi, meski konten yang diputar di TV tersebut tidak beresolusi 8K — karena ketersediaan konten 8K masih terbatas — pengguna tetap bisa menikmati TV-nya semaksimal mungkin.

Fitur penyempurnaan ini memanfaatkan 512 jaringan saraf di NQ8 AI Gen3, atau 256 jaringan saraf di NQ8 AI Gen2. Meski demikian, Samsung juga tak mau terlalu banyak memberikan janji manis soal peningkatan fitur ini karena kualitasnya dipastikan tidak akan semewah konten 8K.

“Tidak mungkin upscale ke full 8K. Kita harus realistis, baru bisa mendekati 8K. Hasilnya juga akan berbeda-beda (tergantung seberapa tinggi kualitas asli kontennya),” kata Ubai Bayanuddin, Head of Produk AV Bisnis. Samsung Indonesia pada acara peluncuran TV ini di Jakarta, Kamis (12/9/2024).

suara AI

Neo QLED 8K memperkenalkan level baru dalam pengalaman audio dengan kemampuan pemrosesan audio tingkat lanjut.

Berbeda dengan TV non-AI yang hanya dapat mengatur volume suara objek dan latar belakang, fitur suara adaptif pada Samsung AI TV dapat mendeteksi dan membedakan suara latar dan suara objek secara terpisah.

Teknologi ini memungkinkan TV menyesuaikan audio secara tepat, memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih jernih dan mendalam untuk disesuaikan dengan setiap adegan. Dengan kemampuan ini, setiap elemen suara dalam sebuah film atau acara TV terdengar lebih hidup dan relevan dengan konteksnya.

“Kalau aku pribadi, aku suka nonton podcast. Tapi saat aku sedang menonton, kadang istriku menyalakan pengering rambut atau pembantunya menggunakan penyedot debu, jadi aku tidak bisa mendengar percakapan dari podcast tersebut. Jadi dengan menggunakan fitur ini, suaranya bisa terdengar jelas,” imbuh Ubai.

Pengoptimalan AI

Untuk meningkatkan kenyamanan menonton film, fitur kustomisasi AI pada Neo QLED 8K memungkinkan pengguna menyesuaikan kontras warna dan kualitas tampilan konten secara otomatis sesuai preferensi pribadi. Teknologi canggih ini menganalisis konten yang dilihat dan menyesuaikan pengaturan tampilan, serta mengatur pencahayaan dalam ruangan.

Ia menambahkan, “Anda dapat mengatur tingkat kecerahan di dalam ruangan. Bisa juga berubah menjadi hangat atau sejuk tergantung situasinya.”

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur kustomisasi AI

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Aktifkan Mode Cerdas, lalu pilih Mode Gambar.
  3. Pilih AI Customization, lalu pilih gambar berdasarkan kecerahan, kontras, warna, dan tone warna saat menonton acara olahraga, film, atau umum.
  4. Setelah memilih preferensi tampilan, klik Don e.

Harga Samsung Neo QLED 8K

  • Samsung Neo QLED 8K QN900D 85 inci – 132.599.000
  • Samsung Neo QLED 8K QN800D 65 inci – 54.999.000
  • Samsung Neo QLED 8K QN800D 75 inci – 73.399.000

Tonton Videonya”Kompleksitas Samsung Smart TV yang menggunakan teknologi AI
[Gambas:Video 20detik]

(asj/fay)

Sumber link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama